Tuesday 2 February 2016

Kolesterol Tinggi dan Penanganannya

menurunkan kolesterol tinggi penurun kolesterol
Setiap orang mempunyai risiko terserang suatu penyakit, namun serangan tersebut dapat dicegah dan ditangani dengan caranya masing-masing. Dalam hal ini, akan dijelaskan mengenai penyakit kolesterol tinggi.

Berkaitan dengan hal tersebut, tidak terlepas dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang berkolesterol tinggi akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Langkah yang perlu diterapkan apabila terjadi gangguan kolesterol tinggi adalah dengan mengenai makanan apa yang tepat untuk penderita kolesterol dan pantangan penyakit kolesterol itu sendiri. Makanan yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, seperti jeroan hati, kerang, udang, daging, lobster, minyak ikan, mentega, kuning telor, keju dan es krim.

Berdasarkan makanan kolesterol tinggi di atas, jumlah asupan makanan-makanan tersebut perlu dikurangi agar terhindar juga dari serangan kolesterol tinggi.

Lebih mudahnya, kita perlu memahami mengenai makanan untuk penderita kolesterol agar dapat selalu menjaga kesehatan kita dan waspada akan kolesterol tinggi. Kegiatan ini sering dinamakan dengan diet kolesterol, yang mana dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang tidak berkolesterol tinggi.

Berikut adalah penjelasannya.

1. Minyak zaitun atau produk zaitun Kandungan dalam minyak zaitun dapat bermanfaat dalam menurunkan LDL kolesterol dan juga meningkatkan HDL.

2. Biji-bijian dan juga kacang-kacangan Biji-bijian ini mengandung serat dalam kadar yang tinggi. dan tidak mengandung kolesterol. Kacang-kacangan juga dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran Buah dan sayur yang mengandung vitamin C merupakan asupan yang tepat untuk penderita kolesterol inggi. Selain itu, buah dan sayur yang mengandung betakaroten tinggi juga sangat bagus untuk dikonsumsi penderita kolesterol tingi.

4. Makanan yang mengandung omega 3 dan juga ikan Makanan jenis ini seperti ikan salmon, ikan tuna dan ikan sardine. Ikan juga lebih baik dikonsumsi dengan cara dikukus ata diakar daripada digoreng.

5. Oatmeal dan makanan dengan serat tinggi Makanan jenis ini juga berkaitan dengan kadar LDL atau kolesterol jahat yang dapat diturunkan.

Berkaitan dengan kedua hal yang telah dibahas di atas, pantangan kolesterol bagi penderita kolesterol adalah dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti jeroan, kuning telur, makanan laut dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment